Cari Blog Ini

Target RI Surplus Pangan Sepuluh Juta Ton, Pakpak Bharat Siapkan Lahan Lima ribu Hektar

Written By Juwita on Wednesday, October 12, 2011 | 1:05 AM



Dinas Pertanian (Distan) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan 27 ribu hektar lahan pertanian baru yang tersebar di sejumlah kabupaten untuk menunjang ketahanan pangan dan surplus beras pada tahun 2014.

Kepala Distan Sumut, HM Roem, mengatakan lahan seluas 27 ribu hektar itu terdiri atas 15,5 ribu di lahan SK Menteri Kehutanan Nomor 44 dan 11,5 ribu hektar berada di daerah lain.

Menurut dia, 15,5 ribu hektar di lahan SK 44 itu berada di Kabupaten Pakpak Bharat 5.000 hektar, Asahan 4.500 hektar, Tapanuli Selatan 2.000 hektar, dan sebagian di Mandailing Natal 4.000 hektar).

Sedangkan lahan yang berada di luar SK 44 adalah Kabupaten Labuhanbatu Utara 2.000 hektar, Labuhanbatu Selatan 2.000 hektar, Mandailing Natal 4.000 hektar, Nias Selatan 2.000 hektar, Dairi 500 hektar, Humbang Hasundutan 1.000 hektar.

Sebenarnya, sejumlah bupati lain di Sumut telah mengajukan usulan agar lahan yang tidak dipergunakan di daerahnya dapat dijadikan sebagai area pertanian untuk mendukung ketahanan pangan.

Namun banyak usulan itu tidak dapat dikabulkan karena lahan yang diusulkan tersebut masih berstatus kawasan hutan sebagaimana ketentuan dalam SK 44. “Kalau tidak masuk kawasan hutan, mungkin jumlah bisa lebih banyak,” kata Roem, tadi pagi.

Pihaknya sangat menyayangkan keberadaan SK 44 tersebut yang menghalangi pemanfaatan lahan yang ada untuk dijadikan area pertanian guna menunjang ketahanan pangan.

“Padahal banyak lahan di SK 44 itu yang telah digunakan sebagai lokasi perumahan, kantor, bahkan perkuburan,” ujar Roem.

Sebelumnya, Menteri Pertanian, Suswono, mengatakan Indonesia membutuhkan dukungan lahan baru untuk mencapai target surplus pangan sepuluh juta ton seperti yang diinstruksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pernyataan itu sekaligus mempertegas komitmen pemerintah sebelumnya untuk terus memacu peningkatan produksi beras maupun jagung setiap tahun untuk mencapai target swasembada pangan 2014.

“Kedelai saja membutuhkan lahan baru setidaknya 500 ribu hektar, sementara untuk gula paling tidak 350 ribu hektar,” ujarnya.

0 comments:

Post a Comment