Cari Blog Ini

Kandungan Emas Di Delleng Simpon Pakpak Bharat

Written By Juwita on Sunday, April 3, 2011 | 4:24 AM

delleng simpon pakpak bharat
Penelitian Institut Teknologi Bandung atas sampel pasir sungai dan batu gunung Delleng Simpon di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, menunjukkan kandung emas di kawasan itu sangat sedikit.

"Hasil penelitian yang kami terima dari laboratorium ITB menyatakan kandungan emas di area perbatasan itu sangat sedikit atau hanya 0,007 ppm saja," ujar Kepala Kantor Pertambangan dan Energi Kabupaten Humbang Hasundutan Minrod Sigalingging di Doloksanggul, Minggu, 3 April 2011.

Sebelumnya, berdasarkan analisis megaskopis (penelitian batu yang dilakukan terhadap sampel genggaman atau singkapan dengan menggunakan bantuan lensa pembesar) pihaknya juga yakin tidak ada butiran emas di lokasi itu.

"Dengan analisis kandungan emas hanya 0,007 ppm, kemungkinan butiran emas di daerah itu hampir tidak ada. Sebab, hanya bisa dilihat melalui kaca pembesar, itu pun belum tentu terlihat," katanya.

Isu tentang dugaan adanya kandungan emas di kawasan hutan di perbatasan kedua daerah sebelumnya cukup menarik perhatian. Dengan hasil penelitian laboratorium ITB, warga di kedua daerah mengaku lega karena telah mendapatkan informasi resmi.

"Memang kami tidak begitu yakin ada emas di daerah ini. Hasil laborotorium ITB mungkin bisa menghentikan isu yang tersebar luas dan terus berkembang selama ini," kata Sihombing, seorang warga dari Kecamatan Parlilitan.(Sumber: eksposnews.com: 03/04/11)

0 comments:

Post a Comment